KH. ZULFA MUSTOFA | NGAJI TERBARU DI_KAJEN @NGAJIMODERN
KH. ZULFA MUSTOFA | NGAJI TERBARU DI_KAJEN @NGAJIMODERN
Asalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh. Waalaikumsalam warahmatullahi
wabarakatuh. Alhamdulillahilladzi
aazzal islama biulumil ulama.
Waazal bilada binahdatil ulama
wasalatu wassalam ala sayyidina wa habibina wa syafiina wa
maulana Muhammadin
alladzi jaa bisyariatil garra
waamaarifahum [Musik] alghar watarra
amma ba'du. Hadratal muhtaramin, para alim ulama,
para masyaikh, wabil khusus guru kaulo.
Ini bahasa Jawa apa bahasa Indonesia, Bu? Bahasaari.
Campursari. Mbah Kiai Muad Thahir niki saestu guru
kawulo sejak zaman saya kecil. dan Ibu Nyai Maftuhah.
Dulu kalau saya sudah kehabisan sangu,
biasanya saya etok-etok. Apa itu etok-etok itu?
Pura-pura minjam kitabnya Mbah Thahir di sini baca
kitab. Tapi sebenarnya nunggu dikirimi makan
siang Bu Nyai Maftuhah. Nanti saya dikasih tahu kini Kang mangan
kang gitu loh. Jadi saya ini dapat barokahnya Mbah Kiai Muad, Mbah Kiai
Thahir di sini sekian lama kalau sedang
kehabisan sangu lalu baca kitab gitu. beserta keluarga besar,
putra-putri mantu beliau yang hadirserta para masyaikh yang saya mohon maaf tidak bisa menyebut satu persatu namanya.
Seluruh jemaah pengaosan hari Ahad setengah bulanan yang moga-moga kulo
kalih jenengan sami mangke saged gandulan kalih sarungipun Mbah Kiai Muad. Nggih.
Nggih. Gandulan mawon ampun ditarik sarunge
ditarik repot mangke nggih. Nggih. Nggih. Sebab kata Kanjeng Nabi dalam
hadis, "Almar'u maaman ahabba yaumal qiamah."
Manusia itu katanya nanti di akhirat akan bersama orang yang dia cintai.Masyaallah. Kita bersyukur dianugerahi Allah. remen
seneng kalih tiang saleh kalih ulama. Amin. Sudah lama saya dengar pengajian Ahad
niki tahun lalu saya diminta beliau tapi fisik saya ndak kuat.
Beliau minta dari khol Mbah Hamid diminta kemari tapi saya ndak bisa
karena sudah tidak kuat muter-muter saking Ambon Ternate Mbah Hamid langsung
harus terbang lagi ke mana. Tahun ini beliau nagih.
Alhamdulillah saya bisa hadir ya. Alhamduillah.
Kebetulan moro sepah kulo niku kajen kajen mbek wetan mriko.
Jadi ini ngiras-ngirus nopo?
Ngiras ngirus. Ngiras-ngirus tilik moro sepah. Masyaallah. Ini mbah muat sae saestu.
Kulo niku nopo sebenarnya nih tilik moro sepah kok diongkosi kali mbah.
Saudara-saudara, Bapak Ibu yang dimuliakan Allah.
Pagi hari ini acara kita adalah peringatan Maulid Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam.
Amin. Tapi karena saya ini hadir juga sebagai
pengurus PBNU yang tadi disebut beliau, saya akan menggabungkan
acara Maulid Nabi ini dengan bagaimana kita sebagai seorang muslim yang saya
tahu insyaallah panjenengan sami niki rata-rata kalau tidak semuanya nikuinsyaallah warga NU. Nggih. Nggih. Lah supaya tahu apa kesamaan ajaran
agama Islam yang dibawa oleh Kanjeng Nabi dengan Nahdlatul Ulama, organisasi
yang didirikan oleh Mbah Hasyim Asy'ari. Saya ingin menyampaikan ada kesamaan
yang menarik antara ajaran Kanjeng Nabi kalih
organisasi NU. Dalam hal pertama
ajarane Kanjeng Nabi niki agama Islam bisa diterima luas oleh seluruh lapisan
masyarakat. Dan yang kedua sekaligus dalam hal alhamdulillah agama Islam ini
sekarang menjadi agama yang kuat lah NU niku nggih sami. Alhamdulillah.
Padahal padahal Nabi Muhammad itu orang Arab,
bahasane Arab. Tapi agama Islam ini bisa menyebar keseluruh dunia. Seluruh dunia niku sak niki wonten lima benua. Lima benua niku bahasa Arabe
alqorat al khams. Alhamdulillah waqad zurtul qatil khams.
Kulo niki santri kajen matolek modale sarungan pun keliling lima benuakeliling. Alhamdulillah. Rata-rata gratis niku
gratis nggih keliling kulo selama keliling lima benua
sampai selatan Selandia Baru Australia ngulon iku sampai Maroko mentok Amerika
Kanada. Jenengan Maroko niku saking Pati ngulon
terus lewat Kudus lewat Semarang, tekan
Jakarta terus mabur naik motor mabur mabur. Kalau nonstop 16 jam kalau
transit ya tergantung murah apa mahal transitnya.
sampai Amerika malah 24 jam sampai Kanada. Lah di semua pojok-pojok dunia
yang saya pernah datangi. Illa wafiha muslimun. Kecuali di sana pasti wonten
tiang Islam. Alhamduillah. Kulo bingung loh kok Islam bisa diterima
di Amerika, bisa diterima di Selandia Baru loh. Padahal Nabi itu bahasanyaArab. Orang Amerika bahasane Inggris malah tekan pati mriki nggih bahasane jo
jow jaowo jenengan saget bahasa Arab mboten ya saget pas salat nggih
ngih paling mboten usoline bener nggih giggih usoli wong tiang mriki niku kalau
tenekah umrah niku keluar dari masjid ditawani kudungan barang hajah hajah
siti rahmah siti rahmah khamsareal khamsar riyal Pinten iki Bu
badowo rong riyal niku bahasa Arabe opo? Bingung rong riyal. Untung ingat salat
subuh one- one rok ataini bad maturale rok ataini jare sing dodol
eh wajahe wajah pati wajah nari wajah terangkil kata yang
jualan la la la rakaat fard lillahi taala Allahu
akbarah. Lah Nabi bahasanya Arab yang dibawa
syariatnya juga kitab sucine Quran bahasa Arab kemudian hadisnya juga
bahasa Arab. Kenapa ajaran Islam bisa diterima di seluruh duniasami? Kalau NU NU niku organisasi yang didirikan di
Indonesia lebih tepatnya di Jawa. Jawanya juga di Jawa Timur.
didirikan teng pundi? Jawa Timur. Timur. Makane NU teng Jawa Timur kuat, Bu. Nggih, Pak Kuat. Tapi kalau saya
ditanya mana daerah Jawa Timur yang NU-nya paling kuat? Ngapunten. Sepertinya memang NU paling kuat Jawa
Timur terutama Madura. 3 malam lalu saya dari Madura, dari omben Sampang.
Masyaallah. Tiang Madura itu, orang Madura itu, Bapak, Ibu. Jangankan orangnya di sana, bukan hanya orangnya
yang NU, sapinya NU. Yang Maduro niku sapine nopoNU. NU. Ay n loh pitike niku loh NU. Bebe nopo
10.09
NU? NU. Maksudnya apa? Orang Madura kalau ditanya, diminta perjuangan buat
Nahdlatul Ulama untuk NU berjuang bangun madrasah NU, bangun rumah sakit NU,
kalau perlu ayamnya dijual buat nyumbang, kalau perlu sapine didol
kanggo nyumbang rumah sakit. Itu kuat lah. NU sama ini organisasi
yang didirikan di Jawa Timur tapi sekarang NU mendunia.
Tidak hanya di Indonesia loh. Kulo niku nate melantik NU Brunei namanya PCI NU
Brunei. Nate kulo ngaos PCI NU Korea Selatan.Ternyata tem mriko kathah tiang Pati, Pak. Tiang Pati kerjo teng Korea.
Kulo niku nting hadir acara NU ten Hongkong.
Pati meneh ketemu Pati Blitar, Pati NU kabeh. Ya Allah nu tekan Hongkong, tekan
Korea, tekan Jepang bareng Bu. Ya Allah. Kulo pikir selawatan niku
hanya ada di Indonesia mriki wau nggih 100 kali kata Mbah Kiai Muad. Lho ten Hongkong niku loh ibu-ibu selawatan
bahkan selawatannya masih pakai bahasa Jawa. Kulo bingung niku. Kulo dijak selawatan awalnya saya diam. Hm. Kok
lama-lama saya ikuti kok enak. Ono selawatan nganggo ha. Hehe.
He he.
Loh. L selawatane.Iwak bandeng. Iwak bandeng.
Iwak sepat berumanggandeng
berumanggat
iwak hiu iwak hiu cacahe papat
percuma ayu percuma ayo
salat Allahumma
sholli wasallim ala
sayyidina wa maulana Muhammadin
[Musik] adadama fi ilmillahi
shatan
mulkillahi loh. Selawatan ini diadakan oleh
muslimat NU di Hongkong. Saya tadinya mendengarkan, lama-lama
saya dengarkan kok enak saya bisa ngikutin. Cuma kata istri saya, "Ya Allah bah
sampeyan wak ketum PBNU kok selawatan iwak bandeng.Wis ora poo memang warga NU iku macem-macem. Betul apa tidak?
Nggih. Gigih. Cara Madurone cemacem tak? Iya. Ada yang bicaranya
ilmiah. Wah, itu kalau sudah diskusi ilmiah di kampus-kampus, warga NU yang intelek
hebat-hebat nggih. Tapi wonten warga NU nggih umume malah umume warga NU, mayoritas warga NU
nggih. Ngapunten rata-rata warga desa paini painah
painem nggih nopo mboten nggih? Enggak ini. Tapi ya memang masyaallah
yang paling mirip kalih Kanjeng Nabi niku nggih justru tiang tiang desoakhlake paling mirip kalih tiang nopo kalih Kanjeng Nabi niku nopo tiang de deso deso. Bapak Ibu orang kampung itu kalau
ada tamu itu enggak mau pakai nanya orang ini datang mau apa. Paling mboten
begitu datang langsung disuguhi teh nopo ko kopi. Padahal datangnya mau utang
niku tiang kampung lah. Niku akhlake Kanjeng Nabi niku lerus apa mboten ngih?
Orangnya seperti yang disampaikan tadi Mbah Kiai banyak senyum niku tiang kampung niku masyaallah utange kathah
mawon senyam-senyum mawon tiang kampung. Nah, lah ini NU juga bisa sampai
keliling dunia ten Afghanistan kulo ten Afghanistan wonten PCI NU Afghanistan kulo ping kali
Afghanistan ten Pakistan ten India singkat cerita
Nahdlatul Ulama ini organisasi yang didirikan di Indonesia tapi bisa
diterima di seluruh dunia termasuk Amerika dan Kanada. termasuk ten Rusia.
Pertanyaannya, kenapa ajarane Kanjeng Nabi ini bisa diterima di seluruh dunia?
Kenapa NU bisa diterima di seluruh dunia? Pertama, karena ajaran Islam itu Kanjeng
Nabi niku membawa syariat yang lentur, mboten kaku.
Sami Nahdlatul Ulama ini adalah organisasi yang lentur. Lentur paham nggih?
Nggih. Lentur mboten ka kaku lemes.
Yang nek kaku niku nggih repot. Makanya
Allah Subhanahu wa taala berfirman dalam Al-Qur'an yang ayatnya diwaosu kalih GusImron. Wama arsalnaka illa rahmatanil
alamin. Tidaklah aku mengutus dirimu hai kanjeng
Nabi Muhammad illa rahmatan lil alamin.
Ajaran niki niku lentur. Ada hal-hal yang pokok prinsip.
Nek sing prinsip ten Islam niku mboten rubah-rubah, tapi ada yang kemudian lentur bisa
menyesuaikan situasi dan kondisi. Ngapunten nek salat lima waktu iku dari
zaman Kanjeng Nabi sampai hari kiamat mboten berubah. Leres apa mboten? Nggih.Poso niku siam itu dari zaman Kanjeng Nabi mboten akan berubah tetap di bulan
Ramadan. Saure subuh bukone magrib enggak akan berubah. Saure magrib
bukone subuh yo inuk. Lah nek poso terus saure magrib bukone
subuh inuk nopo mboten nggih? Winuk jare tiang mriki nggih. Winuk bar sahur terus
turu turu tangi-tangi buko ya Allah tidak akan berubah
lah kelenturannya ini bisa diterima makane
Islam itu bisa diterima selama orang betul-betul memahami tujuannya.
Tujuane agomo niku nopo? syariat niki sanjange seorang ulama
asyariatu adlun kulluha rahmatun kulluha masalih
kulluha hikamun kulluha pun syariate kanjeng nabi niku intinya pasti berisi
keadilan, pasti berisi kemaslahatan, pasti berisi rahmah kasih sayang buat umat, pastiberisi hikmah kebijaksanaan buat umat. Tidak ada yang memberatkan.
Kalau ada orang menjelaskan syariat Islam, agama Islam, tapi keluar dari
makna keadilan. Loh, jare kok Islam kok ora adil, Pak?
Waminar rahmati ila diddiha. Kok jauh dari makna kasih sayang, ora ono roso
welase karo umat. falaisa minas syariah pasti bukan syariat Islam.
Kulo bad tanglet kalih jenengan sami. Kalau ada kok katanya orang mengajarkan
saudara-saudara, kalau ada orang berbeda agama dengan kita atau seagama tapi bukan sama-sama
NU halal darahnya. Kira-kira kalaupun orang ini katanya dipanggilkiai atau HK. Kalau kiai kan kiai haji.
Kalau HK jenengan paham? HK hampir kiai.
Kalau HC HC jenengan paham noapo mboten? Kulo niki sanjange doktor HC. HC itu
artinya hasil cipika-cipiki.
Doktor hasil apao? Cipika. CPIK walaupun katanya dipanggil kiailah,
tokoh agamalah. Kalau ngajari kita membunuh sesama manusia yang hanya karena berbeda agama apalagi berbeda
ormas, ini pasti bukan ajaran syariat Islam. Paham nopo mboten?
Wah iki Kanjeng Nabi ora tau ngajari ngene kok. Wong ono wong kafir,
ada orang Yahudi, Kanjeng Nabi sedang duduk-duduk bersama sahabat.
Ujuk-ujuk. Ujuk-ujuk. Nggih. Tiba-tiba lewat orang gotong jenazah.
Kanjeng Nabi tanglet. Sinten niku jenazahe? Sinten iku? Ini
siapa yang meninggal ini? Karena saya harus pakai bahasa Indonesia. Di dalam Mbah Kiai Muad ini ada orang Jakarta,ada orang Jakarta gitu loh. Jakarta. Saya tanya, "Pak Jiwan ngerti bahasa
Jawa?" Kagak. Makanya saya tidak bahasa Jawa semua supaya orang Jakarta pa
paham paham. Campur sari. Campursari. Nabi tanya ini jenazahnya
siapa? Ini jenazahnya siapa? Yahudi ya Rasul. Seorang Yahudi. Fulanun
Yahudiyun. Ini seorang Yahudi ya Rasul. Kanjeng Nabi yang tadinya duduk langsung bangun
menghormati jenazah Yahudi lewat. Lalu ada sahabat bertanya, "Ya
Rasulullah, kenapa kau berdiri? Wong yang meninggal orang Yahudi saja, bukan orang Islam, apalagi kok bukan NU."
Apa kata Nabi? Alaisat nafsan. Bukankah yang bersangkutan ini manusia? Masyaallah.
Jadi jenazah ini adalah manuia loh. Kanjeng Nabi menghormati manusia
loh. Kalau ada orang kok tidak menghargai nyawa manusia, membunuh manusia hanya atas nama perbedaan,
berarti bukan ajaran Islam. Islam itu, Pak.
Itu, Bu, yang membuat kemudian Islam itu disenangi.
Hanya memang kadang-kadang ada orang yang suka bingung sama Islam niku,
terutama tiang-tiang luar niku. Kulo dapat cerita anak-anak Indonesiayang kuliah maupun bekerja misalnya di luar negeri Korea, tiang-tiang NU, lare-lare NU. Kami ini ketika
menjalankan syariat Islam, nek temriki niku sering ditanya orang, "Kamu itu
saya lihat sering tiba-tiba kayak senam sehari itu berapa kali itu
apa namanya kan salat dianggape nopo?" Senam. Senam.
Oh saya sembahyang. Oh sembahyang salat menghadap Tuhan.
Berapa kali sehari? Lima kali. Tuhanmu kok ribet sekali ya?
Paham ribet? Paham nopo? Ruet ruet maksudnya masa sehari minta
dilapori lima kali katanya. Wong saya aja jarang-jarang kok lapor sama Tuhan.
Kadang-kadang sebulan sekali kat itu satu. Untungnya anak-anak mahasiswa kita ini,
anak-anak NU ini bisa menjelaskan sebentar. Kamu punya orang yang kamu cintai,
misalnya pacar, bojo punya. Kamu sering enggak menghubungi pacarmu,istrimu? Sering. Sering. Sehari berapa kali? Yo sering. Wah, berarti kamu cinta kan? Cinta. Bu,
jenengan sering telepon bapake? Giih. Saestu ngih
sayang ngih lah kalau sering telepon minimal WA berarti sayang bapak-bapak sering WA ibu Pak
blas blas loh kok blas gitu loh
blas loh berarti ora pasti sayang loh Pak lah ini cara menjelaskannya luar biasa
beliau ini anak-anak ini. Oh iya ya. Kalau kita itu sayang berarti kita sering menghubungi orang yang kita
siapa? Sa sayangi. Cara menjelaskannya hebat. Puasa. Waduh. Puasa niku nek ten
daerah-daerah utara niku kalau musim panas saure jam
bukone jam bengi. Magribe niku jam kadang-kadang jam 10 jam.
Orang sana awalnya bingung. Loh, kamu kenapa tidak makan? Ini puasa. Ini
syariat agama saya. Tidak makan. Tidak. Dari jam berapa?
Dari jam .00 pagi. Sampai jam berapa? Sampai jam 10. malam.
Agamamu gila. Katanya. Kamu tidak mati katanya. Loh niki mboten paham. Padahalposo niku tambah se sehat. Tapi begitu lama-lama mereka melihat
keindahan akhlaknya tiang Islam, banyak orang-orang luar negeri
yadkhuluna fi dinillahi afwaja.Loh orang itu, Bapak-bapak, Ibu-ibu, melebet Islam ten luar negeri niku mboten ningali jenengan salat yang
mereka anggap sebagai senam. senam mboten ningali jenengan poso sing
dianggepe malah menyakiti diri sendiri. Tapi begitu mereka melihat indahnya
indahnya ajaran umate Kanjeng Nabi, akhlake umate Kanjeng Nabi yang bisa
lentur berbaur, mereka baru senang. Loh tiang Islam niku diremeni karena niku
lentur lentur. Contoh contohdalam agama niki Bapak Ibu salat mawon niku wau nggih kalau kita tidak bisa
25.58
normal waktunya salat niku saget dijamak. Saged nopo?
26.04
Dijamak. Dijamak. Ya Allah, kalau kita hidup di Indonesia niki kita harus syukur salat
26.11
kita ini normal tiap hari. Normal nggih? Nggih. Kulo niku nembe wangsul saking Cino
26.18
Uigur Cingjiang. Kulo ningali saudara-saudara saya di sana masyaallah
26.24
mau salat normal susah kangelan. Ten Rusia susah, ten Jepang
26.31
susah akhire pripun? Lah untunge syariat Islam niku lentur saged dijamak.
26.40
Lah teng mriko niku kajeng salat niku di semana tempat gak enggak boleh. Ndak boleh kita misalnya kok kelihatan salat
26.47
terus koy normale tiang salat niku rukuk sujud nang dalan iku malah diseneni
26.54
kalau mau salat di rumah. Lah untunge syariat Islam niku angsal. Salat dijamak
26.59
niku angal angsal. Makanya bisa hidup. Cara makan bebas, tidak harus sama
27.08
seperti Kanjeng Nabi. Kanjeng Nabi nek dahar niku pakai sendok, pakai sumpit,
27.16
nopo pakai tangan? Tangan. Tangan. Muluk.
27.21
Kenapa? Ya karena kearifan lokal makanan yang dimakan membutuhkannya tangan. Wong
27.27
Kanjeng Nabi itu yang dimakan kurma. Makan kurma kalau pakai sendok ruwet. Malahan
27.34
makan kurma kalau pakai sumplit ru ruwet. Yang dimakan iku roti dicoel
27.40
terus lah. Tapi saudara-saudara kita muslim di Eropa, di Romawi, di Persia,
27.46
di mana-mana termasuk di Cina mereka punya tradisi dan budaya yang berbeda-beda.
27.53
Orang Cina niku makme niku sumpit. Wah, kulo niku pun apal nek teng Cina
27.59
disuguhi pakanan enak-enak pakai meja. Mejanya muter teng Cina niku khase muter
28.06
set. Ada kadang-kadang 100 jenis makanan taruh tuper. Kulo bilang ini makanan
28.12
banyak sekali ya hampir 50 macam kadang-kadang paling dikit itu 20 macam
28.18
tapi saya mau kenyang susah soale kulo disukani sumpit. Asal saya ambil jatuh
28.25
jukuk tibo muteng terus. Aduh ape tak jukuk nggo tangan isin.
28.31
L tiang cina niku pertanyaannya kalau orang makan pakai sendok, makan pakai sumpit, makan pakai
28.39
pisau karena yang dimakan itu adalah stik. Nopo stik? Apakah ini bertentangan dengan syariat
28.46
Islam? Bertentangan dengan sunahe Kanjeng Nabi? mboten karena ini wilayah adat, wilayah
28.54
tradisi. Jenengan bebas. Itulah lenturnya.
28.59
Imam Ghazali niki masyaallah teng kitab Ihya bahas niki duowo panjang ndak
29.05
apa-apa. Kata Kanjeng, kata Imam Ghazali, justru kalau panjenengan maem memaksakan pakai tangan, padahal jenis
29.13
makanannya itu tidak cocok pakai tangan, Anda hanya akan bisa memperlihatkan
29.18
Islam yang tidak indah. Wong Islam sok ngikuti sunah rasul. Maam bakso niku loh
29.25
pakai tangan sunah rasul.
29.31
Kalau maam bakso kok pakai tangan sunah rasul. Lah kok mangan bubur kacang ijau sunah
29.38
rasul l kapan kelare lerus apa mboten nggih lah niku jadi ajaran Islam itu yang
29.46
membuat kemudian bisa diterima karena kelenturannya
29.51
Allahu Akbar nu nggih sami Pak kulo ningali NU niku
29.58
organisasi yang lentur kenapa bisa bertahan 100 tahun
30.04
bertahan 100 tahun itu dari mulai sebelum kemerdekaan didirikan Nahdatul
30.10
Ulama 1926. Indonesia sampun merdeka nopo dereng?
30.16
Dereng dereng. Indonesia merdeka pinten? 4 L sampai kemerdekaan orde lama orde baru.
30.25
Sniki duko niki orde nopo niki? Orde pajek
30.33
s niki niku order pajek. Pajek opo-opo dipajeki nggih. Nggih.
30.38
Pajeke larang pisan. Wong kulo kapan niku pengaosan ten
30.43
Gusti. Du Gusti kalih Pak Wakil Bupati. Kulo sanjang. Masyaallah. Hadirin jalan
30.50
teng mriki kok alus-alus. Nggih. Gigih. Ning pajeke mundak
30.56
200% lebih. Wah. Hah? Ya kan lebih lebihnya 50.
31.03
Makanya disebut orde apa namanya? Pajak. Orde pajak sampi lah. NU ini bisa bertahan panjang niki
31.10
nggih karena lentur Bu. Lentur menghadapi situasi kondisi
31.18
bagaimana dengan pemerintah. Karena lentur tetap zaman riin
31.25
nggih sebelum kemerdekaan. Alhamdulillah NU ini ikut bersama-sama berjuang
31.31
mendirikan Negara Kesatuan Republik Indo
31.36
Indonesia. Makanya ini adalah komisaris Indonesia.
31.43
Komisaris niku nggih ya pemilik. Wong ikut mendirikan Indonesia kok NU
31.50
dulu baru Indo Indonesia. Nek wonten pejabat kok tidak menghargai Nahdlatul
31.57
Ulama, berarti pejabat ini tidak paham Indo Indonesia. NU itu enggak usah
32.05
ditanya kalau bicara tentang kecintaannya pada Indonesia niku. Wau
32.10
ini tadi Pak Iwan tanya baru ini katanya saya lihat ada Maulid Nabi pakai
32.15
Indonesia Raya. Loh n mriki biasa betul apa tidak ngih?
32.21
Apalagi setelah Indonesia Raya pakai yalal waton. Waton itu mriki biasa karena ini NU.
32.28
Orang NU cinta agama dan cinta tanah air ditanamkan dalam satu tarikan nafas.
32.37
Karena aluyah, kelenturan NU ini, NU juga bisa diterima di mana-mana.
32.46
Sama kados Islam. Islam mboten kaku loh, Bu. Kulo sering cerita di mana-mana saya
32.52
ngaji jajal. Coba perhatikan kita selama ini di Indonesia hanya tahu
32.59
selawat-selawat lagu Indo Indonesia ten Sundo. Kulo niku sering ten Sundo Sunda.
33.08
Yaabbi bilh [Musik]
33.13
maqosidana
33.18
wagfirlana ma mad
33.24
ya wasi'al karami. Niki kalau di Sunda biasanya yang
33.30
selawatan begini cecep gor bacep asep ujang.
33.37
Kalau di Jawa selawatan Jawa, betul apa tidak? Ngih. Mak jenengan ningali kulo ten NTB niku
33.44
selawatan NU lagunya lagu sasak bahasa Lombok asli. Kulo haal niku kulo sering
33.51
keliling mriko dan itu di sana ditanamkan di musala-musala masjid-masjid yang Lombok niku selawatan
33.58
NU. Jadi jangan dikira NU ini hanya di Pati Bu.
34.03
NU sampai Lombok. Nahdatul Ulama
34.11
pusak alim ulama
34.16
endeku jerak gama
34.22
sampai kuutamaatul
34.28
ulama [Musik] pusat ke alim ulama
34.37
[Musik] ku jerak gama
34.42
sampai kuutama tanana
34.47
sampai kuutama tanana mboten paham jenengan pasti ya
34.54
tapi paham nu paham no botenih nahdatul ulama
35.02
pusaka alim ulama Kata orang NTB Lombok niki bahasa sasak ini
35.09
kau adalah pusaka warisannya alim ulamaku
35.14
jerak gamek tama tanah aku akan berpegangan denganmu
35.19
mengikuti dirimu ulama-ulama Nahdlatul Ulama sampai kuamat tanah sampai jasadku
35.26
masuk ke dalam tanah masyaallah kulo nangis ni niki yang menciptakan
35.33
dulu dulu kiai-kiai Lombok bagaimana menanamkan cinta pada apa namanya
35.38
Nahdatul Ulama lah NU ini bisa begini ya karena lentur selawatan sampeyan gawe baso
35.46
Lombok monggo nangke jenengan nek ten daerah mriko Sumatera Barat iku
35.53
selawatan lagune nggih ayam delape ya Nabi salamika
36.01
ya rasul Salam alaika ya habib alaika
36.09
shawatullahika. Ini lagu ayam delap lagu sana. W
36.17
jenengan mangai ke daerah Riau. Riau daerah Melayu
36.22
itu NU sampai sana sampai Malaysia niku loh. Insyaallah kulo mangai pengawasan
36.28
Singapura pengurus NU. Ya Allah sampai Melayu NU niku cuma di
36.34
sana kalau selawatan ngih bedo kali mriki lagunya Melayu Cindai.
36.42
Ya Rasulallah salamun alaik
36.48
yaabalam
36.59
yaal. [Musik]
37.06
Masyaallah. iki jan-jane wong Pati apa wong Melayu kok iso ya Allah. Lah
37.12
ternyata ini sama antara apa yang dilakukan NU mengikuti ajaran Islam ya.
37.19
Karena memang yang disampaikan ulama NU itu plek plek yang diajarkan oleh Nabi
37.26
dan sahabat. Makanya disebut ahlusunah wal jamaah annadiah.
37.34
Loh sama plek loh. Sahabat itu dulu menyebarkan agama Bapak Ibu sampai Cina,
37.41
sampai Bukhara, Uzbekistan lah niku sami. Islam bisa masuk ke sana mengikuti
37.48
tradisi budaya sana. Nek jenengan mriko selawatan kaget jenengan. Wong kulo teng
37.53
Cina niku mendengarkan azan mawon aneh. Azane azan mandarin.
37.59
Hayya alas shah. Hayya alas shah.
38.06
[Musik] Hayya alal falah.
38.12
Hayya alal falah. Allahu
38.17
akbar. Allahu akbar. Lailahaillallah.
38.24
[Musik] Saya waktu mendengarkan azan ini di
38.30
Cina, mau ketawa takut kualat tak tahan iku kok lucu batinku azaning.
38.39
Oh, saya maklum wong kene panganane siomahe
38.45
pangsit. Lagune ngono tapi saya mikir batin wong Cino pas nek muludan asroqol
38.52
lagunya beda sama orang pati yang mrik kan normal mangke nggih asrak nggih
38.57
Allah ya nabi salam alaika
39.04
ya rasul salam alaika
39.11
ya ya habib salam alaika
39.18
shawatullah alaika
39.25
lah jangan berpikir di Cina selawatan begini tidak di sana kalau asroqol
39.31
insyaallah lagune lagune Jet lee lagune wong faihung begitu asroqol
39.39
ya nabi salam [Musik]
39.45
Plung plung plung ya rasulamik
39.56
lahiku loh lah kok bisa pak lah bisa wong Islam itu rahmatan lilam
40.02
alamin wong kulo niku Pakistan ten Afghanistan daerah India lah anak benua
40.08
India lagune nggih nek selawatan mirip-mirip kuco-kucoahe ngoten niku
40.14
Ya Rasulullah salamun alaik
40.22
yaabbi aladu
40.31
[Tepuk tangan] [Musik]
40.44
Wah, saya kalah sama santrinya Mbah Muad. Lagu apa saja bisa nyambung
40.50
lah. Itulah. Jadi kelenturan ini penting. Makanya Bapak-bapak, Ibu-ibu,
40.57
ulama-ulama NU itu kalau dakwah niku lentur
41.02
mengikuti mengikuti tradisi adat termasuk
41.08
masyarakat yang didakwahi. Leres apa? mboten nggih enggih kulo nggih didawuhi guru kawulo
41.17
saking matolek niki Mbah Kiai Asnawi Rahmat guru kulo Zul
41.23
aku nek ndelokno awakmu ngaji karo jemah akeh ribuan kuwi tak pikir kowe pasti
41.30
hatimu pegel ngono loh pripun mbah l ya kowe iku biasa bahsul masail
41.36
sing mak bahas dhwur-duwur wis ngaji karo jemah senenge ngajate selawat an
41.41
kucu-kucu tae lah mboten mbah wong inilah memang warga NU semuanya harus diilayani
41.51
masyarakat kita macam-macam wong kulo niku malah mikir kalau tadi Mbah Kiai
41.57
Muad berbicara masyaallah semoga kita semua ini nanti bisa bersama-sama di
42.03
surga amin amin lah saya berpikir umate Kanjeng Nabi dan
42.08
umat ya penghuni surga niku Bapak Ibu Bu, ternyata mayoritas. Ngapunten iki
42.14
saya mau bicara rahasia jangan ngomong-ngomong penghuni surga niki mayoritas kados
42.20
jenengan-jenengan. Amin. Saestu. Mayoritas penghuni surga ini seperti
42.26
bapak-bapak, Ibu-ibu ini. Amin. Kiai itu sitik. Kiai sitik
42.33
loh saestu kiai sitik. Kiai yang di surga sedikit meneh bupati.
42.42
Oh, kok keplok [Tepuk tangan] loh kiai itu loh ya di surga itu yang
42.49
masuk surga sedikit apalagi [Tepuk tangan] ojo sampeyan lanjutno engko meneh
42.55
presiden, Pak. Lah kenapa kok kiai sedikit, bupati sedikit, presiden
43.01
sedikit karena presiden itu se-Indonesia cuma satu. Satu bupati sak pati cuma
43.08
satu. Satu aja mama bapak ibu kon medun. [Tepuk tangan]
43.14
Ah betul apa tidak? Betul lah. Iya tapi yang banyak yang awam.
43.20
Tapi yang awam-awami masyaallah sing ikhlas-ikhlas nggih. Yang cintanya sama Nabi luar
43.26
biasa, yang perjuangkan Islam luar biasa. Inilah mayoritas penghuni
43.31
surga. Surga. Ayo. Ah. itu yang lentur nggih. Nggih.
43.36
Kedua, kenapa kok kemudian agama Islam dan juga Nahdlatul Ulama ini
43.45
bisa menyebar di seluruh dunia dan kemudian ke mana-mana? Jawabannya
43.53
karena ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam
43.59
dan juga kemudian dilanjutkan oleh ulama-ulama Nahdatul Ulama adalah ajaran
44.06
yang moderat. Nopo moderat? Moderat. Moderat itu bahasa Arabe
44.12
tawasud. Moderat itu kata munas NU. Nah, kulo ini
44.18
pengurus NU. Jadi saya harus menjelaskan keputusannya dari Karbala
44.23
tiang Syiah nggih. Tapi nggih niku piambake nek ken syahadat syahadatnya
44.29
sama kali kita. Ashadu alla ilaha
44.35
illallah wa ashadu anna muhammadar rasulullah. Hanya Syiah Isna Asriah
44.42
percaya ada 12 orang yang katanya disebut maksum. Bahasa kitane wali.
44.49
bahasa kitanya apa namanya? Wali. Wali. Kalau hanya menganggap Sayidina Ali sampai yang ke-12 itu wali, kata
44.56
para ulama yang sudah sepakat ini di Oki, dia masih Islam. Nek masalah
45.02
ngakoni wali mboten nopo-nopo. Yang tidak boleh itu kalau menganggap Sayidina Ali sebagai nabi.
45.10
Menganggap kok ada orang sesudah Nabi Muhammad itu nabi berarti keluar dari is
45.16
Islam. Cuman ngakoni itu sebagai wali mboten nopo-nopo. Wong tiang NU mawon waline katah nggih. Nggih.
45.23
Kajen gadah wali nopo mboten? Mbah nopo? Mbah Mutamakin turun-turunane nggih
45.28
kathah disebut wali. Ngemplak-ngemplak Mbah Ronggo wali mboten nopo-nopo wali
45.36
nggih. Mbah Mizan yang terkenal wali so songo.
45.41
Ada yang menganggap saiki NU malah waline wis 10. terakhir Mbah Gus Durah
45.48
Gus Dur wali nopo 10. Kalau cuman menganggap wali mboten nopo-nopo lah ini namanya paham keagamaan
45.56
lah. Kita ini orang Indonesia apalagi NU pahame sunni. Sunni niku ahlusunah wal
46.04
jamaah. Ning kadang-kadang diplesetno karo bapak-bapak. Aku suni nusu geni
46.12
perkoro ngerokok wong NU. Katanya lah Bapak-bapak, Ibu-ibu sunah saja
46.19
sama-sama ahlusunah wal jamaah mazhab fikihnya berbeda-beda. Orang Indonesia
46.25
mazhabnya Syafi'i nggih. Asia Tenggara mazhabe nopo? Sya jenengan mangke ten
46.30
Maroko mriko mazhabe Maliki. Jenengan mangke ten Turki? Ada yang
46.36
pernah umroh mampir Turki? Iya. Turki, Pakistan, India, Jepang,
46.42
Korea, Cina niku rata-rata mazhabnya Hanafi. Nanti kalau kita ke Saudi Arabia, Arab
46.50
mayoritas mazhabe Hambali. Eh, mazhab Syafi'i kita semua sudah tahu
46.57
salate nek subuh ku qunut dan lain sebagainya. Nek jenengan mangke ten
47.02
Maroko, ten Maroko niku tiang sembahyang mboten wonten yang sedakep.
47.07
Allahu Akbar. Lurus koy wong siap
47.15
lurus. Nek moco bismillah nek enek salat
47.21
fatihah ndak pakai bismillah langsung Allahu Akbar alhamdulillahi rabbil
47.28
alamin arrahmanirrahim dan seterusnya.
47.34
Nek tahiyat cirine mazhab Maliki nek jenengan salat Mekah niku goyang-goyang
47.39
terus set terus nek jenengan sembahyangnya tahiyate meneng opo goyang
47.46
goyang apa meneng menang menang tapi sekarang di Indonesia sudah mulai masuk yang goyang-goyang leres
47.52
nggih niku teng Jakarta wonten tiang tukar tegur-teguran sing setunggal ne tahiyat diam yang satu
48.00
goyang rupanya yang tahiyatnya Diam. Begitu salam ngusap muka. Asalamualaikum
48.07
warahmatullah. Asalamualaikum warahmatullah. Ngusap muka sama yang tahiyatnya goyang
48.13
ditegur. Mas, saya perhatikan Anda ini kalau salat selalu ngusap muka. Selalu ngusap muka.
48.21
Ada hadisnya apa tidak? W jamaah s nikioku ada hadisnya apa tidak? Loh, memang kenapa, Pak? Loh,
48.28
Anda melakukan sesuatu harus ada dalilnya. Hadisnya apa itu? Habis salam ngusap
48.34
muka. Loh, saya mengusap muka ini bukan masalah ada hadis atau tidak ada hadisnya, Pak. Lah, terus kenapa saya
48.41
ngusap muka itu? Karena kalau saya salat di samping Bapak, muka saya pusing lihat tangannya nggoyang-goyang.
48.52
Muka saya pusing ngelihat tangan jenengan goyang-goyang. Coba lah sak niki eh yo salah sampeyan nok salat
48.59
ndelok tangane wong yo mumet betul apa tidak betul lah yang satu kok salah nanya kenapa
49.06
ngusap muka ada hadisnya apa tidak wong nek bar sembahyang itu berarti sudah tidak masuk wilayah ibadah
49.13
wong kalau kita salat kitaitab ngaji takrib fathul qorib takribt takrib
49.19
apa itu definisi salat salat itu kan aqwalun wa af'alun muftatahatun
49.28
Salat itu adalah gabungan gerakan dan bacaan yang diawali takbir diakhiri saam
49.37
salam. Nek wis sekurunge takbir berarti durung
49.42
salat. Sak durunge takbir wis usoli. Usoli fardol. Usoli fardal isya bar
49.48
rakaatin mustakbilal kiblati. terus ngombe kopi
49.58
bar ngombe kopi terus Allahu Akbar bar usoli terus ngombe kopi
50.06
padahal aku pengin ngombe kopi gitu kira-kira salate sah nopo mboten sah
50.11
sah nopo mboten sah sah wong durung durung takbir ning yo pecicilan
50.18
[Tepuk tangan] lah kok wis usoli kok se ngombe Kopi kopi ya sah
50.24
kurang pan pantes ngoten mawon lah. Begitu selesai salam. Assalamualaikum
50.31
warahmatullah. Assalamualaikum warahmatullah.
50.38
Ngusap muka. Kira-kira salatnya batal enggak? Batal. Yo enggak batal. Wong bersalam.
50.45
Assalamualaikum warahmatullah. Assalamualaikum warahmatullah. Garuk-garuk batal no
50.52
mboten sudah selesai. Nah, sekarang ini bab begini ribut Pak.
50.59
Yo maklum biasane sing ribut niku biasane ngajine ora pati suwi.
51.06
Betul apa tidak ngih? Karuan bodoh-bodoh sisan. Sing mboten
51.12
nate ribut niku orang kalau alim alim sekali atau bodoh-bodoh sekali. Pak
51.19
nekung-nanggung niku loh ngeraso pinter pinter padahal mboten
51.26
pintar ribut dia tidak bisa membedakan mana adat mana ibadat lah mazhab Maliki
51.34
nek salat lurus mboten sedakep mazhab Hanafi kalau duduk tahiyat akhir
51.41
sama dengan duduk tahiyat awal tidak qunut mazhab Hambali punya juga
51.46
ciri-ciri itu. Itu namanya perbedaan paham mazhab nggih. Paham nopo? Mazhab
51.52
fi fikih. Lah kita harus hargai wong niku nggih umate Kanjeng Nabi. Lah ada
51.59
lagi Bapak Ibu namanya perbedaan organisasi keagamaan.
52.07
NU niku organisasi keagamaan Muhammadiyah
52.12
Persis lah. Ini juga kita harus menghargai. Saya mau nanya, kalau orang berbeda
52.19
agama, apakah boleh kita musuhi? Orang berbeda paham seperti tadi, Sunni
52.25
Syiah bolehkah kita musuhi? Boleh. Orang berbeda mazhab kita Syafi'i mereka
52.31
Maliki mazhabnya mereka. Mazhabnya Hambali boleh kita musuhi? I berbeda organisasi keagamaan kita NU,
52.39
mereka Muhammadiyah persis boleh kita musuhi. Berbeda pilihan kepala desa, pilihan
52.47
partai politik, nyoblos Calek, nyoblos bupati, nyoblos presiden, boleh musuhan?
52.53
Boleh loh. Kok wingi ono sing pegatan? [Musik] Loh,
53.02
saudara-saudara, inilah yang namanya moderat. Santai mawon lah. Sop mboten nggih.
53.08
Enggak usah kenceng-kenceng, Bu. Enggak usah nopo kenceng-kenc kenceng. Masyaallah, masa ada orang
53.15
jatuh dari motor. Jatuh. Mau nolong masih nanya agamanya apa?
53.21
Sik sik, Pak. Sampeyan Islam dudu. Alhamdulillah Islam serius serius.
53.27
NU apao Muhammadiyah? Nek Muhammadiyah ora ditulung.
53.33
NU Pak serius serius. NU-ne PKB opo
53.41
P3 opo Gerindra? Alhamdulillah aku anu lah lah. Ah inilah
53.50
NU mengajari kita menghormati perbe lah. Karena NU ini moderat akeh sing
53.58
seneng kathah ingkang seneng banyak yang senang. Saya sering bertemu tokoh-tokoh,
54.06
tokoh Hindu, tokoh Buddha, tokoh Katolik, tokoh Kristen. Kalau dia tahu
54.11
saya NU, saya bicara, mereka langsung respek. Inilah Bapak-bapak
54.16
kata beliau yang membuat kami kaum minoritas Kristen, Hindu, Buddha merasa
54.22
nyaman di Indonesia. Karena di Indonesia ada organisasi yang memiliki paham
54.28
moderat, yang menjaga keragaman Indonesia, yang selalu menghargai
54.34
perbedaan. Dan ini yang membuat kami nyaman. Siapa? Salah satunya karena
54.40
Indonesia memiliki Nahdatul Ulama. lah inilah lah ini Indonesia selama masih
54.48
ada NU insyaallah mboten saget dipecah bel belah itu makna moderat yang pertama
54.57
makna tawasud yang yang kedua ini kata ulama NU apa itu sih moderat kita ini
55.03
sering bilang woh NU moderat aku Islame nopo mo moderat aku ora ekstrem kanan
55.11
ora ekstrem kiri nah gampangnya seperti ini. Ini keputusan Munas Alim ulama NU
55.18
moderat niku maknane kurang lebihnya disingkat jadi dua.
55.24
Haqquun baina batilaini wa adlun baina dzulmaini.
55.31
NU niku Bapak Ibu mengajarkan kita untuk selalu bersikap hak. Hak itu benar.
55.40
baina batilaini di antara dua kebatilan.
55.46
Pokokne ono sing siji salah, siji salah nu kudu bener. Leres apa mboten?
55.51
Nggih. Contohnya, contohnya. Nah, agama kita niki
55.58
mengajarkan kita bertauhid nggih. Lailaha
56.04
illallah. illallah. Loh, kenapa? Lailahaillallah, Pak. Ya,
56.10
karena di luar sana ada orang yang tidak percaya Tuhan
56.16
iku namanya ateis. Tiang kuno riyin bilangnya komunis.
56.24
Padahal komunis itu partai. Partai komunis. Ateis itu mboten percaya Tuhan.
56.30
Sekarang dunia banyak orang tidak percaya Tuhan. Minimal
56.35
percaya Tuhan tapi tidak pernah ibadah. Ini disebutnya soft ateis. Ateis halus.
56.44
Siki katah loh Bu. Ten Eropa niku kalau Bapak Ibu ketemu orang apa agama Anda?
56.52
Bapak saya Kristen. Bapak saya Katolik. Bapak saya Hindu atau Buddha termasuk t
56.59
Cina. Terus Anda, saya tidak tahu saya agamanya apa. Karena kalau saya bilang
57.06
saya Kristen, saya Katolik atau saya Hindu, saya Buddha, wong saya tidak pernah ke gereja, saya tidak pernah ke
57.12
kelenteng, saya malu bilang saya Kristen. Loh, ini disebutnya soft ateis.
57.18
Ateis halus. Oh, ada lagi orang yang percaya banyak
57.23
Tuhan. Banyak Tuhan iku politeis, pangerane kathah. Pangerane nopo?
57.29
Katah. Kata kita satu lah niki namanya kita haqun baina batilini. Kita selalu
57.35
di tengah-tengah ini. Haun baina ba batilaini.
57.41
Semua sikap NU harus berpegangan pada ini. Waun baina dululmaini. NU juga
57.50
harus bersikap adil di antara dua kezaliman.
57.55
Bapak Ibu, kulo bad tanglet jenengan.
58.00
Kalau ada pejabat masyaallah tidak punya rasa sayang sama
58.07
rakyatnya. Yang dilihat dari rakyatnya adalah
58.14
oh ini rakyatku akeh. Nek tak jukuki duite bisa jadi pendapatan besar buat
58.21
negara. Namanya saja orde.
58.26
Orde apa namanya? Pajak. Pajak. Lalu sesudah dapat pajak banyak. Ini
58.32
bukan hanya Pati sebenarnya ini juga bicara nasional nggih. Bicara nopo? Nas
58.38
nasional. Jenengan dipajeki terus kathah kathah kathah kathah ngoten niku. Tapi
58.44
kemudian yang tunjangane mundak niku pejabat.
58.52
S mboten ngih tunjangan rumah Rp50 juta.
58.58
Sinten niku? Pain painah pejabat
59.04
tunjangan mobil sekian puluh juta. Pejabat. Sinten niku? Pejabat.
59.10
Masyaallah. Nopo beras? Enggak usah ditanya
59.17
lah. Kira-kira kalau semacam ini zalim nopo mboten zalim.
59.23
NU harus mengingatkan pejabat. Betul apa tidak? Betul. Ulama harus mengingatkan pejabat.
59.29
Sampeyan ojo ngono, Pak. Sakno rakyate akeh sing ora iso mangan.
59.36
SP mboten nggih. Lah itu ulama NU harus begitu.
59.41
Tapi juga ulama NU harus bicara kalau ada rakyat demo. Demo niku boleh apa
59.47
tidak? Boleh loh. Demo boleh menyampaikan pendapat. Betul apa tidak? Betul.
59.53
Boleh. Tapi kalau kemudian bakar-bakar boleh. Bakar-bakar boleh. Nggih urus
1.00.01
lah. Io wong niku tangga kulo niku ada yang dijarah Sahroni.
1.00.07
Lho saestu niku tonggo kulo niku hari di mana Kang Sahroni dijarah. Hari
1.00.14
Sabtu persis itu seminggu lalu kulo niku magribe ngaos ten masjid dari rumah Kang
1.00.20
Sahroni itu 250 m. sore niku lare-lare memberitahu saya ini
1.00.28
ngaji apa libur emang kenapa saya kebetulan baru nyampai dari perjalanan saya enggak kuat tidur bangun-bangun
1.00.35
saya .30 4 atau bak asar ramai berita. Saya telepon masjidnya,
1.00.41
Ustaz Anton ini gimana situasi dekat situ? Aman Kiai tetap bisa ngaji nanti
1.00.48
dijemput sepeda motor mawon nggih. Tak ngaji sambil lihat situasi kok rame
1.00.55
sampai mriko menjelang magrib kulo niku ningali orang-orang kira zalim nopo mboten ini
1.01.00
zalim. terlepas dia bagaimana dapatnya tapi ndak boleh orang menjarah. Betul apa
1.01.06
tidak? Betul. Lah kita itu harus adlun bainaulmaini.
1.01.12
Ulama itu harus mengingatkan di atas pejabat yang berperilaku tidak baik,
1.01.18
tapi juga harus mengingatkan yang di bawah yang juga perilakunya tidak baik.
1.01.23
Baru itu adil. Jangan hanya mengingatkan yang di bawah. Rakyate kon bener,
1.01.28
rakyate kon bener, sing dhuwur ora dielingno. Leres apa bener? Nggih. Ndak boleh. Atau hanya ke atas saja, ke
1.01.35
atas saja. Di bawah tidak dinasehati. Tidak boleh. Itulah makna adlun baina
1.01.41
dzulmaini. Ajaran adlun baina dzulmaini salah satunya kita diajarkan berpegangan pada
1.01.49
syariat juga berpegangan pada tasawuf atau ti
1.01.54
tarekat. Ini adlun semua. Sebab kalau hanya syariat tidak pakai tarekat ndak
1.02.00
pas. Bisa juga ini nanti tidak husnun baina qobihaini.
1.02.06
Cinta agama saja tapi tidak mengajarkan cinta tanah air. Yo ora bener. Lap
1.02.13
mboten ngih. Cinta tanah air saja nasionalisme ditanamkan tidak mengajarkan cinta pada
1.02.19
agama. Yo ora bener. Kenapa begitu Pak? Lah coba panjenengan
1.02.25
lihat kita bisa ngaji nikmat pagi hari ini. Nikmat apa mboten niki? Nikmat.
1.02.30
Ya Allah. Kenapa kita bisa ngaji nikmat? Ribuan orang ini masyaallah bes
1.02.38
[Musik] 6.000 300. Yang enggak kebagian minta maaf
1.02.44
nggih. Masyaallah bisa nikmat ngaji begini ini kenapa? Karena Indonesia a
1.02.51
aman. berarti kita harus menjaga Indoia. Selain juga kita menjaga agama, inilah
1.02.58
yang membuat NU disenangi. Makanya NU bisa menyebar di mana-mana.
1.03.06
Nah, terakhir. Kenapa Islam kuat? Kenapa NU kuat? Nah,
1.03.12
kalau Islam akan kuat, Bapak-bapak, Ibu-ibu, karena umat Islamnya masih mau berdakwah
1.03.24
menjalankan dan menyebarkan ajaran is Islam. Nah, jenengan niki termasuk ikut
1.03.29
berperan. Jenengan ngaos tem mriki. Ngaos mriki. Ini bagian daripada membuat
1.03.35
Islam akan kuat. Amin. Amin. Jenengan menitipkan anak di madrasah, di
1.03.41
pesantren itu juga dalam rangka membuat Islam ku rawuh mriki ini sesungguhnya
1.03.50
secara tidak langsung membuat Islam kuat kuat. Bagaimana NU kuat? NU akan kuat
1.03.59
selama warga NU merasakan khidmah dari pengurus
1.04.06
NU. Makanya kulo pesan-pesan pengurus NU, ayo khidmah NU di bidang keagamaan,
1.04.14
di bidang sosial, di bidang kesehatan ditingkatkan. Nggih. Nggih.
1.04.20
Nggih. Hadirin. Ah, alhamdulillah tidak terasa pun 1 jam langkung kulo
1.04.26
niki nggih. Minta maaf atas segala kekurangan. Moga-moga apa yang saya sampaikan
1.04.33
manfaat. Mbah Kiai sampun rawuh niki nanti kita bareng-bareng asrqolan. Nggih.
1.04.39
Nggih. Wallahul muwafiq ila aqwam thq. Wasalamualaikum warahmatullah
1.04.45
wabarakatuh. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
1.04.50
di sini apa
0 Response to "KH. ZULFA MUSTOFA | NGAJI TERBARU DI_KAJEN @NGAJIMODERN"
Posting Komentar